PERHATIAN FORINA TERKAIT PANDEMI COVID-19 DI INDONESIA

 Dalam upaya berperan aktif mencegah penyebaran COVID-19 dan menjaga keselamatan juga kesehatan semua pihak yang terlibat dalam upaya konservasi orangutan, bersama ini FORUM ORANGUTAN INDONESIA (FORINA) mengajak semua pihak terkait konservasi orangutan untuk:
 
  •  Tetap aktif dalam mendukung upaya konservasi orangutan di Indonesia, dan bersama-sama melakukan yang terbaik untuk mengurangi risiko penyebaran COVID-19 di antara manusia, maupun dari manusia kepada satwa liar khususnya orangutan.  ​
  • Mendukung arahan pemerintah untuk menghindari kegiatan pertemuan (social distancing) dan senantiasa menjaga jarak fisik (physical distancing). Maka dari itu, untuk saat ini FORINA tidak dapat mengambil bagian dalam kegiatan yang dilaksanakan
    secara fisik, seperti pertemuan dan kegiatan lainnya.
  • Mengubah teknis pelaksanaan kegiatan yang membutuhkan pertemuan fisik seperti konsolidasi, koordinasi, pelatihan maupun kegiatan lainnya menjadi daring (on-line) menggunakan media yang tersedia dan mudah diakses oleh pihak  terkait.
  • Menunda seluruh kegiatan atau kerja lapangan seperti survey, monitoring dan kegiatan lainnya, sampai pandemi COVID-19 berakhir dan telah dinyatakan aman oleh Pemerintah, demi menjaga keselamatan semua pihak, sebagai antisipasi penulara COVID-19 dari manusia ke satwa liar khususnya orangutan.
     
 
 
  • Memperketat standar prosedur keamanan hayati dan biosafety bagi kegiatan di Lembaga Konservasi, sesuai dengan arahan pemerintah Nomor S.251/KSDAE/KKH/KSA.2/3/2020 tentang Pencegahan Pengendalian Penyebaran Penyakit yang bersifat Penyakit dan Infeksi Baru (PIB) dan Zoonosis; dan panduan dari Great apes, COVID-19 and the SARS CoV-2 - Joint Statement of the IUCN SSC Wildlife Health Specialist Group and the Primate Specialist Group, Section on Great Apes, yang dirilis pada 15 Maret 2020.
  • Menunda kegiatan kunjungan wisata di habitat orangutan dan kegiatan lain yang bersifat interaksi langsung sampai masa pandemi COVID-19 berakhir, dan telah tersedia SOP yang dapat dirujuk sebagai antisipasi penularan COVID-19 dari manusia ke satwa liar khususnya orangutan.
  • Tetap melakukan upaya penyadaran masyarakat, melakukan aktivitas pencegahan terhadap perburuan, penangkapan dan perdagangan satwa liar khususnya orangutan, untuk memutus mata rantai perdagangan satwa dan mengurangi risiko zoonosis .
Semoga dengan menerapkan aturan dan prosedur yang ada, kita semua selalu dalam keadaan yang sehat dan dapat melalui krisis ini. Terima kasih atas perhatian dan kerjasama dari semua pihak penggerak konservasi orangutan di Indonesia.  
Salam Hangat
Dr. Aldrianto Priadjati
Ketua FORINA