ORANGUTAN TAPANULI

Pongo tapanuliensis

Orangutan tapanuli [Pongo tapanuliensis] sejatinya sudah dikenal masyarakat setempat, dan oleh para peneliti sebagai orangutan sumatera, sebelum dinobatkan menjadi species baru. Tak ada yang menyangka apabila spesies ini merupakan jenis berbeda dari orangutan sumatera. Berdasarkan penelitian genetika, orangutan betina di Batang Toru memiliki kekerabatan lebih dekat dengan orangutan kalimantan dibandingkan orangutan sumatera.

Orangutan tapanuli hanya dapat dijumpai di Ekosistem Batang Toru, di Sumatera Utara. Jenis ini resmi dinobatkan sebagai species baru pada bulan November 2017.

 

Orangutan tapanuli hidup pada habitat sangat terbatas, dalam areal sekitar 132 ribu hektar di bentang alam Batang Toru dan beberapa habitat lain yang terus diteliti. Kondisi habitatnya juga terpisah, karena faktor alam maupun akibat pembangunan di sekitarnya.

Saat ini, jumlah orangutan tapanuli di alam liar diperkirakan kurang dari 800 individu. Kondisi ini menjadikannya sebagai salah satu jenis primata yang paling terancam punah di dunia.