SEJARAH FORUM ORANGUTAN INDONESIA (FORINA)

FORINA atau Forum Orangutan Indonesia berdiri pada tanggal 25 Februari 2009. Ide pembentukannya muncul pada Orangutan Conservation Reintroduction Workshop (OCRW) di tahun 2001 dan Orangutan PHVA Workshop tahun 2004 yang menyepakati dibentuknya Orangutan Conservation Forum (OFC), yang diharapkan menjadi lembaga yang dapat mengawal proses pelaksanaan hasil-hasil workshop. Namun keinginan ini baru dapat diwujudkan paska ditetapkannya Strategi dan Rencana Aksi Orangutan Indonesia 2007-2017, yang memandatkan adanya forum untuk mengawal proses pelaksanaan strategi tersebut.

FORINA menerapkan prinsip-prinsip dasar dalam setiap implementasi program, yaitu:

  1. FORINA merupakan wadah pemersatu dan selalu berupaya untuk mendorong sinergi para pihak dalam upaya konservasi orangutan.

  2. FORINA menjalankan peran sebagai unsur perekat bagi seluruh pemangku kepentingan dalam konservasi orangutan. Oleh karenanya, FORINA menyediakan ruang yang netral bagi para pemangku pihak yang terkait dengan konservasi orangutan.

  3. FORINA merupakan wahana komunikasi, berbagi pengetahuan, informasi, pengalaman dan pembelajaran dalam program konservasi orangutan.

  4. Sebagai forum konservasi orangutan di Indonesia, FORINA selalu berupaya untuk mendorong gerakan sosial, menggalang partisipasi masyarakat dan dukungan publik dalam  upaya konservasi orangutan. 

  5. FORINA menjunjung tinggi prinsip kemitraan dan kolaborasi, sehingga tidak menjadi pelaksana program di lapangan, melainkan bermitra dengan organisasi lokal di tingkat regional atau tapak. 

VISI

Visi FORINA adalah terwujudnya kelestarian orangutan dan habitatnya melalui sinergitas peran serta para pihak.

MISI

  • Mempromosikan konservasi orangutan Indonesia.

  • Meningkatkan kesadartahuan konstituen konservasi orangutan.

  • Memfasilitasi advokasi kebijakan konservasi orangutan.

  • Memfasilitasi sinkronisasi dan sinergitas upaya konservasi orangutan.

  • Memfasilitasi dukungan untuk kegiatan konservasi orangutan.

Keanggotaan FORINA terdiri atas empat kamar, yaitu:

1.  Kamar Pemerintah

2. Kamar Pemerhati / Universitas

3. Kamar Lembaga Swadaya Masyarakat

4. Kamar Swasta (Perusahaan)

  • Twitter
  • Facebook
  • Instagram

follow us

©FORINA - FORUM ORANGUTAN INDONESIA